Rabu, 07 Oktober 2009

RANGKUMAN BAB I

BAB I

A. JARINGAN KOMPUTER


Jaringan komputer adalah fasilitas untuk mengakomodasi usernya agar dapat saling berhubungan satu sama yang lain.
jaringan komputer terbagi atas tiga :
  1. LAN atau Local Area Network adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan komputer atau workstation yang satu dengan komputer yang lain dirumah atau di perkantoran.
  2. MAN atau Metropolitan Area Network pada prinsipnya sama dengan LAN hanya saja ukuran dari jaringannya lebih besar dibandingkan LAN.
  3. WAN atau Wide Area Network adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang luas.
B. PERANGKAT KERAS JARINGAN
Perangkat keras jaringan terdiri atas :
  1. NIC (Network Interface Card/LAN Card) adalah kartu jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain , tempat untuk memasang kabel jaringan, mengontrol komputer pada saat berhubungan dengan medium jaringan.
  2. Kabel Jaringan adalah Kabel yang digunakan dalam jaringan yang terbagi atas tiga bagian: - TP (Twisted Pair)
- Coaxial

- Fiber Optic adalah kabel yang terbuat dari serat kaca
3. Konektor adalah tempat untuk memasang kabel. RJ45 ( Registered Jack )
4. Switch adalah Media yang menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lain
( Port min 24 )
5. HUB adalah max. 8
6. Router adalah penghubung antar LAN yang jaraknya jauh
7. Repeater untuk menguatkan signal jaringan
8. Brigde adalah menghubungkan dua segmen yang berbeda
9. Tang Crimping digunakan untuk memotong kabel, mengupas, mengkrimping (menjepit)
10. Kabel tester adalah mengetes kabel jaringan apakah sudah bagus atau tidak

C. TOPOLOGI JARINGAN
Topologi jaringan adalah bagaimana suatu jaringan dapat tertata dengan baik.
Topologi terbagi jadi dua :
  1. Topologi fisik
  2. Topologi logik
Jenis topologi logik adalah Broadcast, Token Passing, Ethemet, FDDI, (Fiber Distributed Data Interface)

Jenis topologi fisik yaitu :
  • Topologi Bus adalah yaitu : - merupakan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup dengan menggunakan terminator - Umum digunakan karena sederhana dalam instalasi
  • Topologi Star yaitu :
- setiap node berkomunikasi langsung dengan sentral node
- mudah dikembangkan karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung kesentral node
  • Topologi Ring yaitu :
- sederhana dalam layout
- signal mengalir dalam satu arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya volution
  • Tree yaitu digabung dengan topologi star
  • Mesh adalah yaitu secara teori memungkinkan akan tetapi tidak praktis dan biayanya cukup tinggi untuk diimplementasikan
  • Hybrid yaitu gabungan dari semua topologi

D. PRINSIP KOMUNIKASI DATA
  1. Media transmisi data
Berikut ini akan dijelaskan metode penggunaan kabel dan nirkabel dalam komunikasi komputer.
a. Media kabel : untuk membangun suatu jaringan komputer LAN, umumnya memlilih penggunaan media kabel.
ada beberapa media kabel :
- Twisted Pair
- Koaksial
- Kabel serat optik
b. Media nirkabel : beberapa macam tekhnik - tekhnik yang digunakan adalah sebagai berikut:
- LAN Infrared, yaitu teknologi LAN yang menggunakan sinar infra merah
- LAN Spektrum penyebaran, yaitu teknologi LAN yang menggunakan teknologi transmisi
Spektrum menyebar.
- Gelombang micro narrowband, yaitu teknologi LAN yang menggunakan gelombang micro seperti WAVLAN.

E. PENGENALAN PROTOKOL TCP/IP
Protokol merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menyambungkan antar komputer dalam sebuah jaringan sehingga dapat melakukan komunikasi data

Jenis-jenis protokol TCP / IP :
- NetBeui Frame Protocol
- NetBios
-NWLink
-IPX/SPX
-TCP/IP
-Subnet mask

Penjelasan setiap Layer adalah sebagai berikut :
  1. Network interface layer, Merupakan lapisan paling bawah yang bertugas mengirimkan dan menerima data dari media fisik (Kabel,serat optik, atau gelombang radio).
  2. Internet Layer, Bertugas mengirimkan paket - paket data ke alamat tepat. protokol pada internet layer terdiri atas tiga jenis, yaitu IP, ICMP, dan ARP.
  3. Transport Layer, berfungsi mengadakan komunikasi data antar dua terminal.terdiri atas dua bagian, yaitu TCP ( Transmission Control Protokol) dan UDP ( User Datagram Protokol).
  4. Application Layer, pada application layer disimpan semua aplikasi, misalnya SMTP, FTP, dan HTTP, yang langsung dipergunakan oleh program aplikasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar