Rabu, 07 Oktober 2009

PENGERTIAN CLIENT

client



Lihat istilah tersebut pada istilah lain | Artikel | Buku

Kamus Terkait

IstilahArtiKeterangan
clientklien; pelangganEdit
clientklienIstilah Baku


Penjabaran

Arti istilah client dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut


Di dalam komputer jaringan, merupakan komputer yang memanfaatkan sumber daya dalam jaringan yang disediakan oleh komputer lainnya, yang disebut dengan server. Juga merupakan sebuah aplikasi atau proses yang meminta pelayanan dari komponen atau proses lainnya. Adanya client ini, memudahkan koneksi ke komputer server, dan mengatur serta menjaga hubungan dari sumber daya lainnya. Dalam lingkungan Client/Server, workstation biasanya adalah merupakan komputer client. Kalau dalam objek COM, adalah merupakan program yang mengakses atau menggunakan suatu layanan yang disediakan oleh komponen lainnya.


Telusuri | Sempurnakan | Edit terakhir 21-April-2005 02:07:13 oleh sri

Istilah lain yang mungkin terkait



client pull
Teknologi:technology yang dikembangkan untuk mendukung environment web yang memungkinkan halaman-hal...
Client-server
Suatu bentuk arsitektur:architecture dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampil...
Client Server
Model jaringan yang memisahkan secara jelas mana yang dapat memberikan layanan jaringan (server) dan...
Client-Initiated
Merupakan salah satu jenis Access VPN. Client-Initiated bisa menggunakan PC dan modem atau router di...
Client/Server Architecture
Adalah sebuah model komputerisasi dimana sebuah aplikasi client dijalankan di komputer desktop atau ..
.

Client/Server

Dengan makin berkembangnya teknologi jaringan komputer, sekarang ini ada kecenderungan sebuah sistem yang menggunakan jaringan untuk saling berhubungan. Dalam jaringan tersebut, biasanya terdapat sebuah komputer yang disebut server, dan beberapa komputer yang disebut client. Server adalah komputer yang dapat memberikan service ke server, sedangkan client adalah komputer yang mengakses beberapa service yang ada di client. Ketika client membutuhkan suatu service yang ada di server, dia akan mengirim request kepada server lewat jaringan. Jika request tersebut dapat dilaksanakan, maka server akan mengirim balasan berupa service yang dibutuhkan untuk saling berhubungan menggunakan Socket.

  1. Karakteristik Server

    1. Pasif

    2. Menunggu request

    3. Menerima request, memproses mereka dan mengirimkan balasan berupa service

  2. Karakteristik Client

    1. Aktif

    2. Mengirim request

    3. Menunggu dan menerima balasan dari server

Socket adalah sebuah endpoint untuk komunikasi didalam jaringan. Sepasang proses atau thread berkomunikasi dengan membangun sepasang socket, yang masing-masing proses memilikinya. Socket dibuat dengan menyambungkan dua buah alamat IP melalui port tertentu. Secara umum socket digunakan dalam client/server system, dimana sebuah server akan menunggu client pada port tertentu. Begitu ada client yang menghubungi server maka server akan menyetujui komunikasi dengan client melalui socket yang dibangun.

Sebagai contoh sebuah program web browser pada host x (IP 146.86.5.4) ingin berkomunikasi dengan web server (IP 152.118.25.15) yang sedang menunggu pada port 80. Host x akan menunjuk sebuah port. Dalam hal ini port yang digunakan ialah port 1655. Sehingga terjadi sebuah hubungan dengan sepasang socket (146.86.5.4:1655) dengan (152.118.25.15:80).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar